Perbedaan Haji Reguler Haji Plus dan Haji Furoda yang Perlu Anda Ketahui

by AdminAltramaTour
0 comment
Perbedaan Haji Reguler Haji Plus dan Haji Furoda

Altrama Tour – Melaksanakan ibadah haji merupakan rukun Islam kelima dan diperuntukkan bagi yang mampu, baik secara finansial maupun kondisi fisik. Di Indonesia sendiri, terdapat tiga jalur keberangkatan, yaitu haji reguler, haji plus atau khusus, dan furoda. Artikel ini akan membahas mengenai apa perbedaan haji reguler haji plus dan haji furoda secara detail. Sehingga jika Anda ingin berangkat untuk ibadah haji, Anda tidak perlu lagi bingung program mana yang akan Anda ikuti.

Masing-masing jenis program keberangkatan ini memiliki kelas, fasilitas, dan harga yang berbeda. Tak hanya itu, paket yang dipilih juga menentukan masa tunggu keberangkatan dan durasi selama di Tanah Suci.

Kalau yang paling umum adalah program haji reguler, karena dikelola langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag). Kuota haji reguler pun pada umumnya tergantung dengan kuota setiap provinsi. Namun untuk haji reguler membutuhkan waktu tunggu yang lama hingga puluhan tahun. Nah, bagi Anda yang tidak ingin menunggu waktu yang lama, Anda bisa ikut peluang program haji Furoda dan haji Plus atau biasa disebut dengan Ongkos Naik Haji (ONH Plus)

Untuk lebih jelasnya, mari simak perbedaan haji reguler, haji plus atau khusus, dan haji furoda pada artikel berikut ini!

Baca Juga : 3 Jenis Haji : Qiran, Tamattu, dan Ifrad Beserta Keutamaannya

Perbedaan Haji Reguler Haji Plus dan Haji Furoda

1. Haji Reguler

Pertama ada haji reguler. Jika Anda ingin mendaftar paket haji ini, harap bersabar untuk menunggu antrean. Haji reguler diatur berdasarkan kuota yang ditetapkan pemerintah melalui Kemenag. Umumnya, antrean haji reguler berkisar 30 tahun lebih tergantung provinsi di Indonesia.

  • Penyelenggara Haji Reguler: Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia pada Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU).
  • Biaya Haji Reguler : Biayanya jauh lebih murah dibandingkan program haji plus dan haji furoda. Dilansir dari website Kemenag, biaya haji reguler yang perlu dibayarkan oleh jemaah haji berkisar antara Rp40-50an juta. Biaya ini berbeda-beda bergantung pada embarkasi mana calon jemaah haji akan berangkat.
  • Masa Tunggu Keberangkatan Haji Reguler : Masa tunggunya lebih lama daripada haji plus/khusus ataupun haji furoda. Untuk haji reguler, masa tunggu untuk keberangkatan haji bisa mencapai 10-30 tahun lamanya. Selama masa tunggu tersebut, Anda bisa mulai mengumpulkan dana sejak dini melalui program tabungan haji yang disediakan oleh Altrama Tour bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI).
  • Durasi Haji Reguler di Tanah Suci : Program haji reguler yang paling lama, sekitar 40 hari dibanding haji plus dan haji furoda.
  • Fasilitas Haji Reguler yang Didapatkan : Fasilitas haji reguler termasuk standar, seperti penginapan biasa berjarak 2-5 kilometer dari Masjidil Haram dan tenda di Arafah dan Mina.

2. Haji Plus atau Haji Khusus

Haji plus atau yang juga disebut dengan haji khusus adalah salah satu program haji resmi di Indonesia yang masuk dalam kuota pemerintah melalui Kemenag. Namun, kuota haji plus biasanya tidak sebanyak haji reguler. Perbedaan lain dengan haji reguler adalah haji plus punya fasilitas yang lebih baik serta masa tunggu yang lebih singkat.

  • Penyelenggara Haji Plus : Haji plus atau haji khusus ini diselenggarakan oleh pihak swasta, dalam hal ini adalah jasa travel dengan di bawah pengawasan dari kemenag. Biasanya penyedia travel ini akan memberikan fasilitas yang cukup menyenangkan juga, seperti penerbangan tanpa transit dan penginapan di hotel bintang 5 yang terletak dekat dengan Masjidil Haram. Di Altrama Tour, Anda dapat melihat detail paket Haji Plus dengan pelayanan dan fasilitas terbaik.
  • Biaya Haji Plus : Biaya untuk bisa berangkat haji plus ini di tahun 2023 telah disepakati minimal sebesar USD 8,000 atau setara dengan Rp119 juta. Namun pada umumnya, setiap travel kadang menetapkan perbedaan biaya. Sebab kembali lagi mereka punya pertimbangan fasilitas masing-masing.
  • Masa Tunggu Keberangkatan Haji Plus : Walaupun masuk dalam kuota pemerintah melalui Kemenag, masa tunggu haji plus lebih singkat daripada haji reguler yaitu sekitar 5 – 9 tahun.
  • Durasi Haji Plus di Tanah Suci : Program haji plus menghabiskan waktu yang lebih singkat daripada haji reguler, yaitu sekitar 25 hari.
  • Fasilitas Haji Plus yang Didapatkan : Fasilitas yang ditawarkan haji plus lebih eksklusif daripada haji reguler, diantaranya seperti penginapan yang dekat dengan masjidil haram, jadwal keberangkatan lebih cepat dari haji reguler, fasilitas hotel yang didapatkan lebih banyak, tenda di arafah dan Mina dilengkapi AC, serta lainnya.

3. Haji Furoda

Terakhir haji furoda adalah program haji yang menggunakan visa haji berupa undangan resmi dari pemerintah kerajaan Arab Saudi. Ini berarti, kuotanya didapatkan khusus dari pemerintah negara tersebut. Praktik haji furoda sudah legal di Indonesia melalui Undang-undang No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (UUPIHU).

Kelebihannya, jika Anda berangkat haji dengan program ini, maka Anda tidak perlu menunggu waktu antrian. Anda bisa langsung berangkat haji di tahun yang sama atau tahun berikutnya saat Anda mendaftar. Namun, sayangnya kuota untuk Haji Furoda ini bersifat fluktuatif, atau tidak sama tiap tahunnya.

  • Penyelenggara Haji Furoda : WNI yang berhaji melalui jalur haji furoda akan berangkat melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau perusahaan travel resmi yang terdaftar di Kemenag RI. Di Altrama Tour, Anda dapat melihat detail paket Haji Furoda dengan pelayanan dan fasilitas terbaik.
  • Biaya Haji Furoda : Biaya untuk haji Furoda saat ini sekitar USD 22.000 atau setara dengan Rp 340 juta. Namun pada umumnya, setiap travel kadang menetapkan perbedaan biaya. Sebab kembali lagi mereka punya pertimbangan fasilitas masing-masing.
  • Masa Tunggu Keberangkatan Haji Furoda : Haji furoda merupakan solusi yang bisa dipertimbangkan bagi Anda yang ingin pergi haji tanpa perlu menunggu terlalu lama. Pasalnya, para jamaah bisa langsung berangkat ke tanah suci melalui program ini. Bahkan, pergi di tahun yang sama begitu menerima visa haji Mujamalah dari pemerintah Arab Saudi.
  • Durasi Haji Furoda di Tanah Suci : Program haji furoda memiliki durasi 16-24 hari dari keberangkatan hingga kepulangan, lebih singkat daripada haji plus dan reguler.
  • Fasilitas Haji Furoda yang Didapatkan : Haji furoda paling eksklusif dan mewah dibanding haji plus dan reguler. Mirip seperti haji plus, namun bisa dikatakan lebih mewah lagi. Seperti penginapan hotel bintang 5, maktab haji khusus furoda, tenda AC di Mina, hotel transit di Mina, waktu antri lebih cepat dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Larangan Umroh dan Haji Beserta Hukum yang Perlu Anda Ketahui

Jamaah Haji Altrama Tour

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan untuk Memilih Jenis Haji yang Akan Dilaksanakan

Tentu saja, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis keberangkatan haji yang hendak dipilih. Terkait hal tersebut, berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih jenis haji yang akan dilaksanakan:

1. Kesiapan Fisik dan Kesehatan

Haji adalah ibadah hati dan fisik yang cukup berat. Pelaksanaan ibadah haji membutuhkan stamina yang kuat dan kesiapan fisik yang baik. Jika seseorang memiliki kondisi kesehatan yang membatasi, seperti gangguan jantung, diabetes, atau masalah mobilitas, maka perlu mempertimbangkan dengan hati-hati jenis haji yang akan dilaksanakan.

2. Ketersediaan Waktu

Ibadah haji menggunakan program haji plus memerlukan waktu antrian sekitar 5 sampai 9 tahun, sedangkan haji furoda tidak memerlukan waktu antri. Maka Anda bisa menyesuaikan dengan jadwal kegiatan Anda. Apakah jadwal Anda memungkinkan untuk menunggu 5 sampai 9 tahun?

Atau mungkin sebaliknya, setelah pendaftaran Anda harus segera berangkat ke tanah suci. Hal tersebut tentu perlu dipertimbangkan dengan baik, supaya Anda bisa beribadah dengan khusyuk.

3. Pertimbangan Keuangan

Pelaksanaan ibadah haji melibatkan biaya yang signifikan, termasuk biaya transportasi, akomodasi, makanan, dan lain sebagainya. Selain waktu keberangkatan dan visa yang digunakan, biaya juga menjadi salah satu dari perbedaan haji furoda dan haji plus yang cukup berpengaruh.

Biaya haji furoda terhitung lebih mahal dibandingkan dengan program haji plus. Tentu hal ini sebanding dengan fasilitas yang didapatkan, terutama waktu keberangkatannya. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan keuangan dan anggaran yang tersedia sebelum memilih jenis haji yang akan dilaksanakan.

Dalam setiap jenis haji, penting untuk memperhatikan persiapan yang matang, mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya, dan berkonsultasi dengan agen perjalanan haji atau otoritas agama yang berwenang. Mereka dapat memberikan panduan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi individu.

Demikian beberapa hal terkait perbedaan haji furoda dan haji plus. Tentu tiap-tiap umat muslim di dunia merasakan betapa rindunya untuk berkunjung ke Makkah dan menjalankan ibadah haji di sana. Begitu juga Anda pastinya.

Tunaikan Ibadah Haji Bersama Altrama Tour

Tentu Anda ingin mimpi untuk berangkat haji ke tanah suci segera terwujud. Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, segera saja untuk merencanakan perjalanan ibadah haji Anda.

Anda bisa menjadikan Altrama Tour sebagai satu referensi. Sebagai Travel Umroh dan Haji Terpercaya, Altrama Tour menyediakan paket haji plus dan paket haji furoda sesuai kebutuhan Anda.

Sebagai tamu Allah, setiap jamaah berhak mendapatkan layanan terbaik dan nyaman. Sebelum Anda benar-benar menentukan Altrama Tour sebagai pilihan, ada baiknya Anda memastikan kebenaran layanan Kami. Hal itu untuk memantapkan hati sebelum menentukan pilihan.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan setiap hamba-Nya untuk berkunjung ke Baitullah. Baik dalam rangka menunaikan ibadah umroh maupun ibadah haji. Semoga Allah menjadikan ibadah yang dilakukan sebagai ibadah yang mabrur.

0 comment
0

You may also like

Leave a Comment

Hubungi Kami
Info Umroh
Scan the code
Silahkan chat kami jika ada yang ingin ditanyakan.